Kamis, 31 Agustus 2017

Cara Merawat Mesin Jahit Agar Awet

Gangrotan - Cara Merawat Mesin Jahit Agar Awet

Mesin jahit merupakan salah satu alat elektronik yang rawan kerusakan, benarkah? tentu benar, dengan catatan kita memiliki mesin jahit tetapi tidak memperhatikan perawatan dari mesin jahit itu sendiri, sehingga yang terjadi mesin cepat rusak.

Ada beberapa model mesin jahit yang ada di Indonesia yang sering kita lihat diantaranya mesin yang tidak menggunakan tenaga listrik, jenis mesin jahit ini menggunakan linden atau tali putar untuk menggunakannya kita harus menginjak bagian bawah mesin yang sudah disediakan agar linden bisa berputar. Yang kedua ada mesin jahit yang menggunakan tenaga listrik dengan alat dinamo.

Mesin jahit yang menggunakan tenaga listrik dibantu dengan alat dinamo itu ada banyak macamnya, mulai dari mesin ringan, sampai mesin untuk menjahit kain yang tebal. 

Cara Merawat Mesin Jahit Agar Awet

Cara Merawat Mesin Jahit Agar Awet

Adapun merek-merek mesin jahit yang familiar di Indonesia seperti Butterfly, Brother, Juki, Special, Typical dan masih banyak lagi. 

Merawat mesin agar tetap awet dan tidak mudah rusak itu sebenarnya sangat mudah sekali namun terkadang kita tidak memperhatikan dan tidak mempedulikan mesin yang kita pakai. Padahal mesin itu ibarat benda hidup yang butuh namanya refresing yaitu perawatan.

Nah pada artikel berikut ini saya akan menyajikan beberapa cara merawat mesin jahit agar tetap awet.

1. Memberi minyak atau oli

Memberi minyak atau oli pada mesin jahit sangatlah banyak manfaatnya, diamping mesin jahit nantinya berjalan dengan enteng, dan kedengaran enak. Pemberian oli atau minyak ini pada bagian-bagian yang berlubang. Memberikan minyak pada mesin juga berfungsi untuk menghindari mesin jahit dari karat.

2. Membersihkan sisa-sisa kotoran

Terkadang mesin jahit tiba-tiba tidak bisa bergerak, nah itu akibat dari terlalu banyaknya sampah yang menempel pada bagian-bagian sempit pada mesin jahit, sampah-sampah itu bisa berasal dari sari-sari benang dan kain kecil. Usahakan agar mesin tetap awet, bersihkan mesin jahit dari sisa-sisa kotoran tersebut.

3. Menggunakan sesuia dengan kemampuannya

Maksud kemampuan disini adalah kemampuan mesin jahit untuk menjahit ketebalan suatu bahan atau kain tertentu, sebab mesin jahit itu sudah dirancang utuk beberapa kategori, misalnya mesin jahit untuk bahan kain tipis itu berbeda dengan mesin jahit yang didesain untuk menjahit bahan atau kain jeans yang agak tebal dan keras. 

Nah itu dia cara-cara merawat atau menjaga mesin jahit sobat agar tetap awet dan tidak cepat rusak, semoga dengan adanya artikel Cara Merawat Mesin Jahit Agar Awet mesin sobat selalu diperhatikan dengan baik. Semoga bermanfaa.





Lihat Artikel Lain :




EmoticonEmoticon