Rabu, 11 Oktober 2017

Cara Membuat Lagu Sholawat

Tags


Lagu-lagu sholawat kini sudah banyak digemari para generasi muslim di Indonesia. Banyak grup-grup sholawat bermunculan, mulai dari grup kalangan kampung sampai grup yang sudah sangat terkenal se Indonesia bahkan sampai manca negara. Misalnya group sholawatnya Habib Syech Ahbabul Musthofa, ada lagu group sholawat dari Pekalongan seperti Al Munsyidin, Az Zahir, Babul Musthofa dan masih banyak lagi. 

Lirik sholawat berbeda dengan lirik lagu pop ataupun dangdut di Indonesia yang memiliki hak cipta tersendiri, namun lirik sholawat jumlahnya sangat banyak yang terkadang tidak diketahui hak cipta atau pencipta lirik syair sholawat tersebut, dan sehingga kita sangatlah mudah kalau ingin membuat lagu dengan syair yang sudah ada didalam kitab-kitab sholawat.

Cara Membuat Lagu Sholawat

Cara Membuat Lagu Sholawat

Seorang vocal disamping suaranya merdu juga dituntut harus bisa membuat sebuah lagu, agar tidak monoton dengan lagu-lagu yang sudah ada. Membuat atau merangkai lagu sholawat sebenarnya mudah, tinggal seberapa niat dan keseriusan kita dalam membuat sebuah lagu sholawat. Nah pada kesempatan kali ini akan saya berikan cara-cara atau tips membuat lagu sholawat. Berikut ini Cara Membuat Lagu Sholawat.

1. Mengerti nagham lagu

Bagi sahabat yang ingin membuat sebuah lagu sholawat yang bagus, sobat harus mengetahui nagham lagu-lagu tilawah atau yang sering disebut dengan Tausyeh, seperi lagu Bayyati, Hijaz, Soba, Nahawand, Rost, Sikah, dan Jiharkah. Karena nagham lagu tersebut merupakan pokok irama dalam sebuah lagu-lagu tilawah yang kemudian di kembangkan ke dalam lagu-lagu sholawat.

2. Tentukan tempo lagu

Tempo lagu harus ditentukan terlebih dahulu, karena saat kita berdendang sebuah lagu bisa kita sesuaikan seberapa cepat lagu tersebut. Dalam sholawat biasanya tempo lagu itu ada dua yaitu cepat dan lambat.

3. Berdendang

Setelah memilih jenis lagu, misalnya kita pilih lagu Sikah, maka berdendanglah sobat dengan menggunakan syair sembarang dengan tempo yang kita inginkan. Berdendang terus sampai menemukan sebuah nada yang enak didengarkan. Cara ketiga ini bisa juga sobat meniru sebuah lagu sholawat (berirama Sikah) yang sudah jadi kemudian lagu tersebut dirubah cengkok varasinya sesuai dengan keinginan kita.

Selain berdendang dengan yalil bebas, sobat bisa menggunakan bantuan organ agar bisa lebih mudah dalam menmukan sebuah irama lagu yang ingin diciptakan.

4. Pilihlah syair 

Setelah berdendang lama dan menemukan sebuah lagu yang pas, langkah selanjutnya adalah menerapkan ke sebuah syair lagu sholawat yang sudah ada di kitab-kitab sholawat. Pilih sampai ketemu yang pas dengan irama yang sudah sobat bikin tadi.

Setelah syair ketemu sesuia dengan irama, coba terapkan lagu dan syair sholawat dan terus diulang-ulang sampai lagu tersebut terdengar enak. 

Itu dia Cara Membuat Lagu Sholawat, semoga dengan adanya artikel ini sobat bisa berkreasi membuat lagu-lagu sholawat sendiri dan terus berkarya semoga bisa bermanfaat.




Lihat Postingan Lain :


Tips Suara Agar Bisa Nada Tinggi


EmoticonEmoticon