Selasa, 08 Agustus 2017

Cara Agar Suara Bisa Nada Tinggi

Gangrotan - Cara Agar Suara Bisa Nada Tinggi

Mempunyai suara merdu merupakan idaman bagi semua orang, apalagi bagi orang yang bekerja dengan menggunakan suaranya seperti penyanyi, mc, guru dan lain sebagainya. Profesi tersebut sudah barang tentu harus selalu berhubungan dengan suara. 

Kita ambil contoh profesi sebagai penyanyi. Penyanyi harus memiliki suara yang bagus, kriteria bagus yang dimaksud dalam suara penyanyi diantaranya harus bisa menguasai nada rendah, nada sedang, dan nada tinggi, panjang suara, serta kemerduan dan kejernihan suara.

Namun tipe suara dari orang satu ke orang lain itu berbeda-beda, ada yang bertipe nada rendah, atau bertipe nada tinggi. Seorang bisa mencapai nada tinggi belum tentu bisa menguasai nada rendah, begitu pula sebaliknya. Maka dari itu bagi sahabat yang ingin terjun kedunia musik khususnya berprofesi sebagai penyanyi harus berlatih dari nada rendah sampai nada tinggi.

Cara Agar Suara Bisa Nada Tinggi

Cara Agar Suara Bisa Nada Tinggi

Berikut ini beberapa langkah atau cara untuk bisa mencapai nada tinggi.

1. Bersuara di dalam air

Cara mencapai suara tinggi ketiga ini adalah dengan bersuara di dalam air. Bisa sobat coba saat berenang, nah saat itu pula mencoba berlatih dengan bersuara sekeras mungkin di dalam air.

2. Hindari minuman yang dingin

Diusahakan mengurangi minuman atau makanan yang dingin-dingin. Yang dimaksud dingin disini adalah manakan atau minuman yang dimasukkan kedalam kulkas, bis akita ambil contoh es. Karena minuman yang dingin ini bisa mengkerutkan pita suara kita. sehingga untuk mencapai oktav yang tinggi bisa jadi agak sulit.

3. Berlatih dengan tekun

Agar bisa mencapai nada tinggi dibutuhkan latihan yang serius, latihan yang tekun dan jangan mudah putus asa. Karena untuk mencapai nada tinggi tidak semudah membalikan telapak tangan. Tapi jangan langsung berputus asa.

4. Berlatih dari nada rendah

Pada saat latihan, diusahakan terbiasa berlatih dimulai dari nada rendah, agar pita suara kita siap sebelum bersuara dengan nada tinggi.

5. Olahraga yang teratur

Cara terakhir ini merupakan cara yang terpenting juga, karena bersuara bisa kita pastikan melihat kondisi tubuh kita, apabila badan kita sedang tidak fit, maka bisa jadi suara ikut tidak fit. Maka dari itu seorang penyanyi harus bisa menjaga tubuh dengan berolahraga yang teratur.

Demikianlah beberapa Cara Agar Suara Bisa Nada Tinggi, selamat mencoba, semoga berhasil.




EmoticonEmoticon