Senin, 28 Agustus 2017

Cara Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur

Gangrotan - Cara Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur

Menggunakan baju batik memiliki kesan tersendiri, karena batik merupakan warisan budaya luhur  Indonesia yang perlu dilestarikan.

Menggunakan baju batik kini sudah menjadi tren tersendiri, apalagi motif yang ditawarkan pada batik sekarang ini sudah sangat banyak, mulai dari motif tradisional, motif gaul, dan lain sebagianya. Bagi para pecinta busana batik biasanya banyak mengoleksi berbagai busana batik, mulai dari baju, slayer,  tas, sepatu, gantungan kunci, syal, sarung, bahkan celana batik pun sudah ada dengan motif-motif terbaru. 

Perlu diperhatikan bagi para sahabat yang suka dengan baju batik harus bisa pandai-pandai dalam merawat baju batik, misalnya cara mencucinya, cara menjemurnya, karena baju kain batik ini berbeda dengan baju lainnya, disamping agak tipis dan warna kain batik ini lama-kelamaan akan lebih cepat pudar.

Cara Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur

Cara Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur

Sering banyak muncul pertanyaan, kenapa kain batik mudah luntur? jawabannya kain batik memang mudah luntur, apalagi pada saat cucian pertama. Namun kita bisa mengatasi kain batik luntur itu dengan cara mencuci yang benar.

Pada artikel berikut ini akan kita kupas, bagaimana Cara Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur.

Berikut ini cara mencuci baju batik yang benar dan tidak luntur :

1. Hindari penggunaan deterjen secara langsung

Maksud penggunaan deterjen secara langsung adalah kita mencuci baju batik dengan langsung menaburkan deterjen pada kain batik yang akan kita cuci, hal ini bisa menyebabkan warna pudar pada bagian yang terkena deterjen. Penggunaan deterjen yang benar itu harus kita campurkan ke dalam air dahulu dan kita aduk agar deterjen larut dalam air, setelah itu baru baju dimasukkan, tetapi jangan terlalu lama.

2. Hindari mesin cuci

Mencuci menggunakan mesin cuci memang cepat dan menggunakan tenaga sedikit, namun jika kita mencuci baju di mesin cuci bersamaan baju yang lain, maka bisa jadi berakibat fatal. Disamping baju batik luntur, dan baju yang lain terkena wana lunturan dari baju batik tersebut. Maka diusahakan mencuci baju batik dengan mengucek saja.

3. Kucek perlahan

Motif baju batik sangat beragam, ini membuat kesan tersendiri bagi para penggunanya, namun jika kita tidak berhati-hati saat mencuci maka motif tersebut bisa cepat pudar dan warnanya tidak cantik lagi. Pada saat kita mencuci baju batik cukup mengucek secara perlahan hal ini dimaksud motif dan warnanya biar tidak cepat luntur dan pudar.

4. Menjemur di tempat teduh

Menjemur baju batik ini jangan disamakan dengan kain jeans, karena tekstur dari kain batik itu halus dan tipis, sehingga sahabat tidak perlu menjemurnya ditempat yang panas, karena jika kain batik dijemur ditempat yang panas nanti warna baju batik bisa pudar.

Demikianlah Cara Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur, semoga bermanfaat.



Lihat Artikel Lain :



EmoticonEmoticon